Pendaftaran Universitas Negeri Semarang TA (Unnes) 2019/2020



Informasi tentang Pendaftaran Universitas Negeri Semarang TA (Unnes) 2019/2020 akan disampaikan Kuliah.News kali ini, silahkan baca informasi Pendaftaran Universitas Negeri Semarang TA (Unnes) 2019/2020 dibawah ini

SNMPTN

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri


KETENTUAN UMUM

  1. SNMPTN dilakukan berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan rapor dan portofolio akademik. Rapor yang digunakan adalah semester satu sampai dengan semester lima bagi SMA/SMK/MA dengan masa belajar tiga tahun atau semester satu sampai dengan semester tujuh bagi SMK dengan masa belajar empat tahun.
  2. Sekolah yang siswanya mengikuti SNMPTN harus mempunyai Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan mengisikan data prestasi siswa di PDSS dengan lengkap dan benar.
  3. Siswa yang berhak mengikuti seleksi adalah siswa yang memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), memiliki prestasi unggul, dan rekam jejak prestasi akademik di PDSS.
  4. Siswa yang akan mendaftar SNMPTN wajib membaca informasi pada laman PTN pilihan tentang ketentuan terkait dengan penerimaan mahasiswa baru di PTN tersebut.

KETENTUAN KHUSUSPersyaratan Sekolah

Sekolah yang siswanya berhak mengikuti SNMPTN adalah:

  1. SMA/MA/SMK yang mempunyai NPSN.
  2. Mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS).

Persyaratan Siswa Pendaftar

Siswa pendaftar yang berhak mengikuti SNMPTN adalah:

  1. Siswa SMA/MA/SMK kelas terakhir (kelas 12) pada tahun 2019 yang memiliki prestasi unggul.
  2. Memiliki NISN yang terdaftar di PDSS
  3. Memiliki nilai rapor semester 1 s.d. 5 yang telah diisikan oleh sekolah di PDSS atau memiliki nilai rapor semester 1 s.d. 7 bagi SMK dengan masa belajar empat tahun.
  4. Memiliki prestasi akademik dan memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh masing-masing PTN.

Penerimaan di PTN

Siswa pendaftar diterima di PTN, jika:

  1. lulus satuan pendidikan SMA/SMK/MA
  2. lulus SNMPTN 2019
  3. lolos verifikasi data dan memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN penerima.

TAHAPAN MENGIKUTI SNMPTNTahapan mengikuti SNMPTN dilakukan sebagai berikut:

Pengisian dan Verifikasi PDSS

  1. Kepala Sekolah atau yang ditugasi Kepala Sekolah mengisikan data sekolah dan siswa di PDSS harus melalui laman http://pdss.snmptn.ac.id.
  2. Kepala Sekolah atau yang ditugasi Kepala Sekolah mendapatkan password yang akan digunakan oleh siswa untuk melakukan verifikasi.
  3. Siswa melakukan verifikasi data rekam jejak prestasi akademik (nilai rapor) yang diisikan oleh Kepala Sekolah atau yang ditugasi Kepala Sekolah dengan menggunakan NISN dan password.
  4. Apabila siswa tidak melaksanakan verifikasi data rekam jejak prestasi akademik (nilai rapor) yang diisikan oleh Kepala Sekolah atau yang ditugasi Kepala Sekolah, data yang diisikan dianggap benar dan tidak dapat diubah setelah waktu verifikasi berakhir.

Pemeringkatan

  1. Pemeringkatan siswa dilakukan oleh sistem Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) berdasarkan nilai mata pelajaran sebagai berikut.
    1. Jurusan IPA: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Kimia, Fisika, dan Biologi.
    2. Jurusan IPS: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sosiologi, Ekonomi, dan Geografi.
    3. Jurusan Bahasa: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sastra Indonesia, Antropologi, dan salah satu Bahasa Asing.
    4. SMK: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Kompetensi Keahlian (Teori Kejuruan dan Praktik Kejuruan).
  2. Berdasarkan pemeringkatan prestasi akademik yang dilakukan LTMPT, siswa yang memenuhi syarat diizinkan untuk mendaftar SNMPTN 2019 dengan ketentuan Akreditasi Sekolah:
    1. Akreditasi A : 40 % terbaik di sekolahnya;
    2. Akreditasi B : 25 % terbaik di sekolahnya;
    3. Akreditasi C dan lainnya 5 % terbaik di sekolahnya

Pendaftaran SNMPTN

  1. Siswa Pendaftar yang memenuhi kriteria pemeringkatan oleh LTMPT, menggunakan NISN dan password login ke laman SNMPTN 2019 http://web.snmptn.ac.id untuk melakukan pendaftaran.
  2. Siswa pendaftar mengisi biodata, pilihan PTN, dan pilihan program studi, serta mengunggah (upload) pasfoto resmi terbaru dan dokumen prestasi tambahan (jika ada). Siswa Pendaftar harus membaca dan memahami seluruh ketentuan yang berlaku pada PTN pilihan.
  3. Siswa Pendaftar pada program studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah portofolio dan dokumen bukti keterampilan yang telah disahkan oleh Kepala Sekolah menggunakan pedoman yang dapat diunduh dari laman http://www.snmptn.ac.id.
  4. Siswa Pendaftar mencetak Kartu Bukti Pendaftaran sebagai tanda bukti peserta SNMPTN.

Sekolah dan/atau pendaftar yang mengalami kesulitan akses Internet dapat melakukan pengisian PDSS dan pendaftaran SNMPTN di PLASA TELKOM di seluruh Indonesia.


JADWAL SNMPTNJadwal pelaksanaan SNMPTN adalah sebagai berikut:

Pengumuman Hasil Seleksi17 April 2018

Pengisian dan Verifikasi PDSS 04 Januari – 25 Januari 2019
Pendaftaran SNMPTN 04 Februari – 14 Februari 2019
Pengumuman Hasil Seleksi 23 Maret 2019

JUMLAH PILIHAN PTN & PRODI

  1. Siswa pendaftar dapat memilih paling banyak dua program studi dalam satu PTN atau dua PTN.
  2. Urutan pilihan PTN dan program studi menyatakan prioritas pilihan.
  3. Siswa SMK hanya diizinkan memilih program studi yang relevan sesuai ketentuan oleh masing-masing PTN.
  4. Daftar program studi dan daya tampung SNMPTN tahun 2019 dapat dilihat pada laman http://www.snmptn.ac.id selama periode pendaftaran.

BIAYASiswa pendaftar tidak dipungut biaya apa pun. Biaya penyelenggaraan SNMPTN sepenuhnya ditanggung Pemerintah.


PRINSIP & TAHAPAN SELEKSIPrinsip Seleksi

Seleksi dilakukan berdasarkan prinsip:

  1. mendapatkan calon mahasiswa yang berkualitas secara akademik dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi-prestasi lainnya yang relevan dengan program studi yang dipilih;
  2. memperhitungkan rekam jejak kinerja sekolah;
  3. menggunakan kriteria seleksi nasional dan kriteria yang ditetapkan oleh masing-masing PTN secara adil, akuntabel, dan transparan.

Tahapan Seleksi

Seleksi dilakukan dengan tahapan sebagai berikut:

  1. Siswa pendaftar diseleksi di PTN pilihan pertama berdasarkan urutan pilihan program studi.
  2. Siswa pendaftar yang memilih program studi di dua PTN, jika tidak lulus di PTN pilihan pertama, siswa pendaftar akan diikutkan seleksi di PTN pilihan kedua berdasarkan ketersediaan daya tampung.

SANKSI BAGI SEKOLAH ATAU SISWA YANG MELAKUKAN KECURANGANSanksi tegas bagi sekolah dan/atau siswa/calon mahasiswa yang melakukan kecurangan sebagai berikut:

  1. Sekolah yang terbukti melakukan kecurangan tidak diikutsertakan dalam SNMPTN tahun berikutnya.
  2. Siswa yang dinyatakan lulus SNMPTN dan terbukti melakukan kecurangan dibatalkan status kelulusannya.

SBMPTN

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri


Ketentuan UmumSBMPTN 2018 adalah seleksi yang dilakukan oleh PTN di lingkungan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) dan Kementerian Agama secara bersama di bawah koordinasi Panitia Pusat dengan seleksi berdasarkan hasil UTBC (Ujian Tulis Berbasis Cetak), UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer), atau kombinasi hasil Ujian Tulis (UTBC/UTBK) dan Ujian Keterampilan calon mahasiswa.


Persyaratana. Pendaftaran

  • Lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat atau Paket C tahun 2016 dan 2017 harus memiliki ijazah.
  • Lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat atau Paket C tahun 2018 minimal harus memiliki Surat Keterangan Lulus (SKL), sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan foto terbaru yang dibubuhi cap stempel yang sah.
  • Peserta seleksi memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran pembelajaran di program studinya.

b. Penerimaan di PTN

Peserta seleksi lulus SMA/MA/SMK atau sederajat atau Paket C, lulus SBMPTN 2018, sehat, dan memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN penerima.


Prosedur Pendaftaran

  • Pendaftaran SBMPTN 2018 dilakukan secara online. Tata cara pendaftaran secara lengkap dapat dilihat pada laman http://pendaftaran.sbmptn.ac.id.
  • Tata cara pengisian borang pendaftaran ujian tulis (UTBC/UTBK) dan ujian keterampilan dapat diunduh dari laman http://download.sbmptn.ac.id mulai tanggal 29 Maret 2018.
  • Pendaftaran online UTBC dan UTBK mulai tanggal 5 April 2018 pkl. 08:00 WIB dan berakhir tanggal 27 April 2018 pkl. 22:00 WIB. Pendaftaran online UTBK akan ditutup apabila jumlah kuota pendaftar telah terpenuhi.

Jenis UjianUJIAN TULIS (UTBC ATAU UTBK)

Materi Ujian Tulis, terdiri atas:

  • Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA): Matematika Dasar, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, TPA Verbal, TPA Numerikal, dan TPA Figural.
  • Tes Kemampuan Dasar Sains dan Teknologi (TKD Saintek) terdiri atas mata uji Matematika IPA, Biologi, Kimia, dan Fisika.
  • Tes Kemampuan Dasar Sosial dan Humaniora (TKD Soshum) terdiri atas mata uji Sosiologi, Sejarah, Geografi, dan Ekonomi.

UJIAN KETERAMPILAN (UK)

Ujian keterampilan diperuntukkan bagi peserta yang memilih program studi bidang seni dan keolahragaan, terdiri atas:

    • UK Seni Rupa, Kriya, dan Desain berupa Tes Menggambar serta Tes Pengetahuan dan Wawasan. Soal Tes dibedakan dalam 3 (tiga) kategori sesuai bidang studi yaitu UK Seni Rupa, UK Kriya, atau UK Desain.
    • UK Tari berupa Tes Tari Bentuk, Tes Kreativitas, Imitasi Gerak, serta Tes Pengetahuan dan Wawasan (dalam bentuk wawancara).
    • UK Musik, Seni Karawitan dan Etnomusikologi berupa Tes Musikalitas, Tes Praktik Instrumen, serta Tes Pengetahuan dan Wawasan (dalam bentuk wawancara). Soal Tes dibedakan dalam 2 (dua) kategori sesuai bidang studi yaitu UK Musik atau UK Seni Karawitan dan Etnomusikologi.
    • UK Teater dan Seni Pertunjukan berupa Tes Praktik Monolog, Tes Pantomim/Baca Puisi serta Tes Pengetahuan dan Wawasan (dalam bentuk wawancara). Soal Tes dibedakan dalam 2 (dua) kategori sesuai bidang studi yaitu atau UK Teater atau UK Seni Pertunjukan.
    • UK Fotografi, Film dan Televisi yang dibedakan dalam 2 (dua) kategori sesuai bidang studi yaitu: UK Fotografiberupa Tes Praktik Fotografi dan Tes Pengetahuan dan Wawasan (dalam bentuk wawancara), atau UK Film dan Televisi berupa Tes Praktik Membuat Storyboard serta Tes Pengetahuan dan Wawasan (dalam bentuk wawancara).
    • UK Olahraga berupa Tes Kesehatan dan Tes Keterampilan Motorik.

Tes kesehatan dapat dilayani di Lab. FIK mulai tanggal 9 Mei 2018 pukul 07:00 WIB dengan menunjukkan bukti setor biaya tes kesehatan.

Bagi peserta SBMPTN yang mengikuti Tes Uji Keterampilan olahraga dapat membayar biaya tes kesehatan melalui Bank Tabungan Negara (BTN) *sebesar Rp. 50.000,00* dengan nomor rekening 00013-01-30-000960-8 nama rekening RPL 026 BLU UNNES Untuk OPS P Biaya Layanan Pendidikan, dengan mencantumkan Nama+nomor pendaftaran+uji ketrampilan di kolom keterangan/berita

KETENTUAN KEIKUTSERTAAN DALAM UJIAN KETERAMPILAN

  • Peserta wajib mengikuti UK di PTN Pilihan, tidak diperkenankan mengikuti UK di PTN yang bukan menjadi PTN tujuan.
  • Peserta wajib mengikuti jenis UK sesuai dengan ketentuan prodi pilihannya.

Kelompok UjianKelompok ujian tulis SBMPTN terbagi menjadi 3 (tiga) jenis, yaitu:

  • Kelompok Ujian Sains dan Teknologi dengan materi ujian TKPA dan TKD Saintek.
  • Kelompok Ujian Sosial dan Humaniora dengan materi ujian TKPA dan TKD Soshum.
  • Kelompok Ujian Campuran dengan materi ujian TKPA, TKD Saintek, dan TKD Soshum.

Setiap peserta dapat mengikuti kelompok ujian Saintek, Soshum, atau Campuran.


Kelompok Prodi dan Jumlah Pilihan

  • Prodi yang ada di PTN dibagi menjadi 2 (dua) kelompok: kelompok Saintek dan Soshum.
  • Peserta dapat memilih sebanyak-banyaknya 3 (tiga) program studi dengan ketentuan sebagai
    berikut:

    • Jika program studi yang dipilih semuanya dari kelompok Saintek, peserta mengikuti kelompok ujian Saintek.
    • Jika program studi yang dipilih semuanya dari kelompok Soshum, peserta mengikuti kelompok ujian Soshum.
    • Jika program studi yang dipilih terdiri atas kelompok Saintek dan Soshum, pesertamengikuti kelompok ujian Campuran.
  • Urutan dalam pemilihan program studi menyatakan prioritas pilihan.
  • Peserta ujian yang hanya memilih 1 (satu) program studi, dapat memilih program studi di PTN manapun.
  • Peserta ujian yang memilih 2-3 program studi, salah satu program studi pilihan harus di PTN yang berada dalam satu wilayah pendaftaran dengan tempat peserta mengikuti ujian. Pilihan program studi yang lain dapat di PTN berada di luar wilayah pendaftaran tempat peserta mengikuti ujian.
  • Daftar wilayah pendaftaran, program studi, daya tampung per PTN 2018, dan jumlah peminat program studi per PTN tahun 2017 dapat dilihat di laman http://www.sbmptn.ac.id mulai tanggal 29 Maret 2018.

Peserta Lamar Program Bidikmisi

  • Calon peserta penerima Bidikmisi terlebih dahulu harus mempelajari prosedur pendaftaran program Bidikmisi melalui laman http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id
  • Calon peserta penerima Bidikmisi terlebih dahulu harus mendaftar ke laman http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id
  • Calon peserta penerima Bidikmisi yang dinyatakan memenuhi persyaratan oleh Dirjen Belmawa Kemenristekdikti akan memperoleh Kode Akses Pendaftaran (KAP) dan Personal Identification Number (PIN) untuk mendaftar SBMPTN 2018 dan tidak harus membayar biaya seleksi.
  • Calon peserta penerima Bidikmisi yang dinyatakan tidak diterima SNMPTN 2018 dapat menggunakan KAP dan PIN yang dimiliki untuk mendaftar SBMPTN 2018 dan tidak harus membayar biaya seleksi.
  • Calon peserta penerima Bidikmisi yang telah dinyatakan lulus SNMPTN 2018 namun berkeinginan mendaftar SBMPTN 2018, harus memperoleh KAP dan PIN baru melalui laman http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id. Selanjutnya, calon peserta harus mendaftar SBMPTN 2018 melalui laman http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id dengan menggunakan KAP dan PIN baru untuk memperoleh slip pembayaran guna membayar biaya seleksi SBMPTN 2018 ke Bank Mandiri, BNI atau BTN.

Laman Resmi dan Alamat Panitia Pusat

  • Informasi resmi SBMPTN 2018 dapat diakses melalui laman http://www.sbmptn.ac.id.
  • Informasi resmi juga dapat diakses melalui laman http://halo.sbmptn.ac.id dan Call Center 0804 – 1 – 456 – 456.
  • Alamat Panitia Pusat
    Gedung dr. Prakosa (Lt.2), Kantor Pusat Universitas Sebelas Maret
    Jl. Ir. Sutami No 36A, Kentingan Surakarta 57126
    Telp. 0271-7890329, Fax. 0271-636268
    Email:panpus.snmptn.sbmptn@mail.uns.ac.id

Jadwal SBMPTN 2018

Kegiatan Waktu
Ujian Tulis (UTBC dan UTBK) Selasa, 8 Mei 2018
Ujian Keterampilan Rabu dan/atau Jumat 9 dan/atau 11 Mei 2018
Pengumuman Hasil Seleksi Selasa, 3 Juli 2018

Daya Tampung 2018 dan Peminat 2017

No Program Studi Jenjang Kelompok DT 2018 Peminat 2017
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
1 Bimbingan dan Konseling S1 SOSHUM 36 1161
2 Teknologi Pendidikan S1 SOSHUM 36 476
3 Pendidikan Luar Sekolah S1 SOSHUM 36 279
4 Psikologi S1 SOSHUM 54 1964
5 Pendididkan Guru Sekolah Dasar (PGSD) S1 SOSHUM 160 2830
6 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD) S1 SOSHUM 54 459
FAKULTAS BAHASA DAN SENI
1 Seni Rupa (Desain Komunikasi Visual, Lukis, dan Gambar) S1 SOSHUM 22 570
2 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia S1 SOSHUM 40 1323
3 Pendidikan Bahasa Inggris S1 SOSHUM 72 1453
4 Pendidikan Bahasa Prancis S1 SOSHUM 24 169
5 Pendidikan Seni Rupa S1 SOSHUM 24 228
6 Sastra Indonesia S1 SOSHUM 28 474
7 Sastra Inggris S1 SOSHUM 34 889
8 Sastra Prancis S1 SOSHUM 28 197
9 Sastra Jawa S1 SOSHUM 12 163
10 Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa S1 SOSHUM 36 644
11 Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik (Pendidikan Seni Tari) S1 SOSHUM 36 180
12 Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik (Pendidikan Seni Musik) S1 SOSHUM 36 339
13 Pendidikan Bahasa Jepang S1 SOSHUM 28 355
14 Pendidikan Bahasa Arab S1 SOSHUM 28 433
15 Pendidikan Bahasa Mandarin S1 SOSHUM 14 113
FAKULTAS ILMU SOSIAL
1 Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan (PPKN) S1 SOSHUM 36 439
2 Pendidikan Geografi S1 SOSHUM 32 504
3 Pendidikan Sejarah S1 SOSHUM 36 600
4 Pendidikan Sosiologi & Antropologi S1 SOSHUM 36 997
5 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial S1 SOSHUM 40 547
6 Geografi S1 SOSHUM 36 872
7 Ilmu Sejarah S1 SOSHUM 36 360
8 Ilmu Politik S1 SOSHUM 36 593
FAKULTAS MATEMATIKA DAN IPA
1 Pendidikan Matematika S1 SAINTEK 86 1580
2 Pendidikan Fisika S1 SAINTEK 42 520
3 Pendidikan Kimia S1 SAINTEK 42 616
4 Pendidikan Biologi S1 SAINTEK 42 1057
5 Matematika S1 SAINTEK 18 460
6 Fisika S1 SAINTEK 16 249
7 Kimia S1 SAINTEK 32 516
8 Biologi S1 SAINTEK 32 698
9 Pendidikan IPA S1 SAINTEK 32 939
10 Teknik Informatika S1 SAINTEK 32 1577
FAKULTAS TEKNIK
1 Pendidikan Teknik Bangunan S1 SAINTEK 24 242
2 Pendidikan Teknik Mesin S1 SAINTEK 36 435
3 Pendidikan Teknik Elektro S1 SAINTEK 24 303
4 Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer (PTIK) S1 SAINTEK 24 868
5 Teknik Arsitektur S1 SAINTEK 16 755
6 Pendidikan Tata Boga S1 SOSHUM 24 824
7 Pendidikan Tata Busana S1 SOSHUM 24 670
8 Pendidikan Tata Kecantikan S1 SOSHUM 24 603
9 Pendidikan Kesejahteraan Keluarga S1 SOSHUM 16 88
10 Pendidikan Teknik Otomotif S1 SAINTEK 36 433
11 Teknik Kimia S1 SAINTEK 32 604
12 Teknik Mesin S1 SAINTEK 24 983
13 Teknik Sipil S1 SAINTEK 32 1284
14 Teknik Elektro S1 SAINTEK 16 787
FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN
1 Ilmu Keolahragaan S1 SAINTEK 48 391
2 Kesehatan Masyarakat S1 SAINTEK 68 2244
3 Gizi S1 SAINTEK 36 1646
4 Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi S1 SOSHUM 56 1124
5 Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar (PGPJSD) S1 SOSHUM 28 529
6 Pendidikan Kepelatihan Olahraga S1 SOSHUM 60 753
FAKULTAS EKONOMI
1 Ekonomi Pembangunan S1 SOSHUM 64 1690
2 Manajemen S1 SOSHUM 96 3646
3 Akuntansi S1 SOSHUM 96 2627
4 Pendidikan Ekonomi (Pendidikan Akuntansi) S1 SOSHUM 48 928
5 Pendidikan Ekonomi (Pendidikan Koperasi) S1 SOSHUM 48 489
6 Pendidikan Ekonomi (Pendidikan Administrasi Perkantoran) S1 SOSHUM 48 1005
FAKULTAS HUKUM
1 Ilmu Hukum S1 SOSHUM 160 2209

*Perubahan ketentuan yang berkaitan dengan pelaksanaan SBMPTN Tahun 2018 akan diinformasikan melalui laman http://www.sbmptn.ac.id.



Web Populer: Biaya | Info Kerja | Polling | Berita | Lowongan Kerja

Mungkin Anda Tertarik



Demikian kami sampaikan tentang Pendaftaran Universitas Negeri Semarang TA (Unnes) 2019/2020 semoga informasi tentang Pendaftaran Universitas Negeri Semarang TA (Unnes) 2019/2020 ini bermanfaat.